Selasa, 13 Maret 2012

Pengolahan data Pembelian Tiket Pesawat

Metode Perancangan
1.    Perancangan DFD Level 0
Diagram  level 0 atau yang bisa disebut  konteks  diagram  menggambarkan  secara      keseluruhan  proses yang  ada  pada  sistem  dengan  kesatuan  luar  yang  ada  pada  sistem.  Berikut  gambar  1  DFD  level  0  Sistem Informasi Tiket Pesawat.
 


Pada DFD Level  0 diatas terdapat  1 buah entitas  dan 1 buah proses  yang terdiri dari beberapa entitas  yakni Bagian  Keuangan,  Pimpinan  dan  admin.  Sedangkan  prosesnya  sendiri  Sistem Informasi  Tiket  Pesawatterdapat 3 aliran data.


2.    Perancangan DFD Level 1
Pada DFD level 1 Sistem Informasi Tiket Pesawat  terdapat 4 proses, dan 3 entitas yaitu : dalam DFD Level 1 di atas  terdapat  sebelas  proses  yang  dilakukan  oleh  agen  ,  pimpinan  maupun  admin.  Agen bagian  keuangan melakukan  proses Olah Data Customer, Olah Data Jenis Customer dan Olah Data Keuangan. Pimpinan hanya melakukan  proses  Login  karena  seorang  pimpinan  hanya  mengamati  data  yang  sudah  dimasukkan  kedalam sistem. Sedangkan Admin dapat melakukan semua proses yang dilakukan semua Agen ditambah dengan Proses Login  dilakukan  oleh  semua  Agen bagian  keuangan  pimpinan  maupun  Admin tanpa  terkecuali  untuk  dapat masuk ke dalam system.


Perancangan DFD Level 2 Data Customer.


Gambar 3. DFD Level 2 Sistem Informasi Tiket  Pesawat Data Customer

Perancangan DFD Level 2 Data  Jenis Customer.


Gambar 4.DFD Level 2 Sistem Informasi Tiket  Pesawat Data  Jenis Customer.

Perancangan DFD Level 2 Data Keuangan


          Gambar 5. DFD Level 2 Sistem Informasi Tiket  Pesawat Data Keuangan.

ERD (Entity Relationship Diagram)
Metode  yang  digunakan  untuk  memberi  gambaran  yang  lebih  sistematis  mengenai  model  entity- relationship     yang  berisi  komponen  himpunan  entitas  dan  himpunan  relasi  yang  masing-masing  dilengkapi dengan atribut  yang merepresentasikan  seluruh fakta dari dunia nyata. Gambar  ERD dalam penerapan  sistem informasi  tiket  pesawat  berbasis  web,   menggunakan  macromedia  Dreamweaver  Pada  PT. Garuda  Indonesia memiliki 4 entitas dan banyak proses.

            Gambar 6. ERD Sistem Informasi Tiket  Pesawat.

Perancangan Tabel

Berikut ini dijabarkan tabel-tabel yang digunakan dalam perancangan suatu penerapan sistem informasi berbasis web  dengan menggunakan dreamweaver pada PT. Garuda Indonesia.

1.    Table admin:  terdiri  dari id dari admin,  username  admin,  password  untuk login. Untuk primary key-nya sendiri adalah id admin.
Tabel  3. Admin